Rabu, 04 Desember 2013

15 Desember 2009, Inikah Zaman Reformasi?


Belakangan ini perjalanan bangsa Indonesia penuh dengan dinamika. Mulai dari dinamika politik, hukum hingga dinamika sosial-budaya. Sejak reformasi bergulir bangsa kita mengalami banyak sekali peristiwa. Mungkin memang begitulah sifat dan kondisi negara yang sedang berkembang. Entah kapan indonesia bosan menjadi negara berkembang dan
mulai mempersiapkan diri menjadi neagara maju. Dari dulu indonesia selalu berkembang, berkembang dan berkembang. sampai saat ini pun bangsa indonesia masih betah dalam kondisi berkembang bahkan pada akhir masa orde baru malah menghadapi krisis serta mengalami keterpurukan yang berkepanjangan dan sulit bangkit kembali dan belum bisa benar-benar pulih hingga saat ini.

Pada masa reformasi yang menjunjung tinggi demokrasi seolah-olah semua orang ingin bicara, ingin berpendapat dan ingin didengar. Orang-orang berteriak lantang untuk suatu perubahan. Bermacam-macam suara mengemuka. Entah apa yang mereka teriakkan dan untuk siapa mereka berteriak. Yang jelas dulu euforia itu menggema di seantero negeri. Bangsa Indonesia seakan sedang mengadakan kenduri atau syukuran besar atas suatu kebebasan. Entah kebebasan apa yang sejatinya kita raih.

Apa sebenarnya yang telah reformasi berikan pada bangsa ini?
Apakah perubahan yang progresif seperti yang diharapkan atau hanya perubahan sektoral yang timpang dan prematur? Arti dan tujuan reformasi yang sesungguhnya saya sendiri tidak tahu. Mungkin sebagai orang awam saya hanya bisa mengerti reformasi secara harfiah saja tanpa bermaksud untuk mengenalnya lebih baik. Tapi, satu hal yang sederhana saya rasa bahwa ketika mendengar kata reformasi orang-orang kebanyakan akan berpikir bahwa itu adalah angin surga yang membisikan tentang perubahan menuju kehidupan yang lebih baik.

Reformasi bukan hanya memberikan kebebasan yang lebih besar kepada setiap individu untuk memilih, bersikap atau mengutarakan pendapat. Reformasi bukan hanya perubahan formal atau strukrural semata. Lebih dari itu reformasi harus merupakan perubahan yang termanifestasi dalam segala sendi kehidupan bangsa. Reformasi adalah perbaikan disegala bidang. Reformasi ialah perubahan yang mendasar dan menyeluruh yang bertujuan untuk membimbing dan mengarahkan setiap tatanan kepada bentuknya yang terbaik yang sesuai dengan kehendak dan keinginan rakyat sehingga terciptalah keadilan dan kesejahteraan rakyat.

Reformasi bukan hanya titik balik dari suatu keadaan tapi juga merupakan suatu masa transisi dimana didalamnya terdapat suatu proses perubahan secara sistemik, integral dan komprehensif dari suatu keadaan yang buruk menuju keadaan yang jauh lebih baik.

Bagaimana dengan reformasi di Indonesia? Reformasi kita? Apakah reformasi di negara kita ini yang telah dimulai sejak tahun 1998 hingga saat ini sudah sesuai dengan keinginan dan cita-cita rakyat? Sudah lebih dari satu dasawarsa berlalu sejak reformasi dikumandangkan. Dan, selama itu apakah kita sudah melangkah maju meninggalkan masa peralihan atau hanya baru beranjak atau malah mengalami stagnasi? Tentunya jika anda salah seorang yang tergabung dalam SBY Fans Club anda tentu akan mengatakan bahwa banyak kemajuan yang telah berhasil dicapai. Maka, LANJUTKAN! Bagaimanapun anda sendiri yang dapat menjawabnya. karena rakyatlah yang menyaksikan dan merasakan. Dan, yang tidak kalah pentingnya adalah karena saya sudah capek menulis! fiuuuhh...

Tidak ada komentar :

Posting Komentar